Seperti yang telah kita ketahui bahwa Adobe Photoshop adalah software yang mempunyai banyak fasilitas/tools yang dapat digunakan untuk mengedit foto. Salah satu edit foto yang dapat dilakukan dengan menggunakan Photoshop adalah Mengubah Foto Menjadi Lukisan Pensil. Dan pada posting kali ini saya akan membagikan tips mengenai Cara Mudah Mengubah Foto Menjadi Lukisan Pensil di Photoshop. 
1. Buka program Adobe Photoshop (Photoshop yang saya gunakan di sini adalah Photoshop CS 3), setelah itu pilih FILE – OPEN atau tekan CTRL+O pada keyboard untuk membuka foto yang akan di edit Menjadi Lukisan Pensil(Sebagai contoh saya menggunakan foto Song Hye Kyo).
Catatan : jika anda tidak ingin merubah foto yang asli, maka sebaiknya anda duplikat dulu foto yang akan anda rubah dengan cara pilih IMAGE – DUPLICATE atau klik kanan pada mouse lalu tekan Duplicate, setelah itu close foto yang asli agar tidak merubah foto tersebut.


2. Pilih IMAGE – ADJUSTMENTS – DESATURATE atau tekan CTRL+SHIFT+U pada keyboard, dan hasilnya akan tampak seperti pada gambar di bawah ini.


3. Duplicate image dengan cara tekan CTRL+J pada keyboard. Hasilnya adalah penambahan layer 
 dengan foto yang sama. 


4. Pilih IMAGE – ADJUSMENTS – INVERT atau tekan CTRL + I pada keyboard dan hasilnya seperti di bawah ini.


5. Pilih Color Dodge pada Blending Mode. Untuk lebih jelasnya lihat gambar di bawah ini.


Setelah Color Dodge dipilih, maka gambar akan tampak seperti di bawah ini.


6. Langkah terakhir adalah pilih FILTER – BLUR – GAUSIAN BLUR kemudian pada RADIUS isikan angka 20 (angka bisa disesuaikan dengan keinginan kita) pixels, hasil akhirnya adalah sebagai berikut.



Selanjutnya, Anda bisa langsung menyimpan foto tersebut pada folder yang dikehendaki.
Selamat mencoba langkah-langkah mudah merubah foto menjadi lukisan pensil di Photoshop di atas

Categories:

Leave a Reply