ELEMEN
DASAR C++
HIMPUNAN
KARAKTER
Himpunan karakter pada C++ terdiri huruf,
digit maupun simbol-simbol lainnya (termasuk spasi dan karakter kontrol).
Huruf, contoh
: A s/d Z dan a s/d z
Digit, contoh : 0 s/d 9
Simbol, contoh : + - * % / dan sebagainya
C++ mempunyai cara untuk menyatakan
karakter-karakter yang tidak mempunyai kode tombol (seperti karakter tombol)
misalnya \n.
PENGENAL(IDENTIFIER)
Pengenal adalah suatu nama yang biasa dipakai
dalam pemrograman untuk menyatakan :
·
variabel
·
konstanta
bernama
·
tipe
data
·
fungsi
·
label
·
obyek
·
pengenal-pengenal
lain yang didefinisikan oleh pemrogram
Suatu pengenal dapat berupa satu atau
beberapa karakter :
·
huruf
·
digit
·
garis
bawah
·
berawalan
dengan huruf atau garis bawah
panjang maksimal nama pengenal pada C++ tergantung
oleh kompiler yang digunakan, misalnya Borland C++ memperkenankan nama pengenal
hingga 32 karakter, sedangkan Turbo C++ menjamin nama yang signifikan hingga 31
karakter.
Disarankan agar pemberian nama pengenal
menggunakan kata yang berarti dan mudah dibaca, misal : gaji_pegawai lebih baik daripada g ataupun gajipegawai.
Pada C++, huruf kecil dan huruf kapital pada suatu pengenal tidak dianggap
sama. Sifat ini dikenal dengan nama case
sensitive. Itulah sebabnya pengenal seperti NAMA dan nama ataupun Nama menyatakan tiga pengenal yang
berbeda.
Contoh :
Nama pengenal yang benar :
·
nama
·
NAMA
·
nama_barang
·
kuartal_2
Nama pengenal yang salah :
·
2semester
(tidak boleh diawali angka)
·
nama-barang
(tanda minus tidak diperkenankan)
·
#barang
(simbol # tidak boleh digunakan)
·
nama
barang (tidak boleh mengandung spasi)
KATA
KUNCI
Kata kunci (keyword) adalah pengenal sistem yang mempunyai makna khusus bagi
kompiler. Kegunaan dari golongan ini tidak dapat diubah. Karena itu, kata kunci
tidak dapat digunakan sebagai pengenal yang dibuat oleh pemrogram.
Contoh :
asm else operator template
auto enum private this
break extern protected typedef
case float public union
char for register unsigned
class friend return virtual
const goto short void
continue if signed volatile
default inline sizeof while
delete int static
do long struct
double new switch
TIPE
DATA
Ukuran memori yang diperlukan untuk
masing-masing tipe data sangat bergantung pada perangkat keras dari komputer
yang digunakan. Karena itu jangkauan bilangan dari masing-masing tipe data juga
bisa berlainan antara satu jenis mesin dengan mesin lain.
Tabel ukuran berbagai tipe dasar :
TIPE
DATA
|
UKURAN
MEMORI
|
JANGKAUAN
NILAI
|
JUMLAH DIGIT PRESISI
|
char
|
1 byte
|
-128 hingga +127
|
-
|
int
|
2
byte
|
-32768 hingga +32767
|
-
|
long
|
4
byte
|
-2.147.438.648 hingga 2.147.438.647
|
-
|
float
|
4
byte
|
3.4x10-38 hingga 3.4x10+38
|
6 – 7
|
double
|
8
byte
|
1.7x10-308 hingga1.7x10+308
|
15 – 16
|
long double
|
10
byte
|
3.4x10-4932 hingga1.1x10+4932
|
19
|
VARIABEL
DAN KONSTANTA
Data pada C++ tersusun dari variabel dan
konstanta. Variabel digunakan dalam program untuk menyimpan suatu nilai dan
nilai yang ada padanya dapat diubah selama eksekusi program berlangsung.
Sedangkan konstanta menyatakan nilai yang tetap
misalnya nilai phi = 3.14.
Variabel yang digunakan dalam program harus
didefinisikan terlebih dahulu.
Bentuk definisi variabel : tipe daftar_variabel;
Contoh :
int jumlah;
float harga_per_unit, total_harga;
Jika suatu variabel diisi dengan nilai diluar
jangkauannya, maka nilai yang akan tersimpan akan diubah sesuai dengan jangkauannya.
Misalnya bila suatu variabel bertipe int diberi nilai 75000, yang tersimpan
dalam variabel tersebut adalah 9464. (mirip dengan logika timbangan manual).
Bentuk pernyataan yang digunakan untuk memberikan
nilai ke variabel yang telah dideklarasikan adalah : variabel = nilai;. Pernyataan ini disebut juga dengan pernyataan
penugasan .
Variabel dan Konstanta Bertipe char
Bentuk pendefinisian
variabel bertipe char adalah : char
huruf; dalam hal ini variabel huruf dapat menampung sebuah karakter. Untuk
menuliskan sebuah konstanta bertipe char, karakter perlu ditulis di dalam tanda
petik tunggal, misalnya : ‘y’, ‘Y, ‘%’, ‘$’ dan sebagainya.
Karakter yang ditulis
dalam bentuk \ mempunyai arti tersendiri. Karakter-karakter khusus seperti ini
biasa disebut escape sequence characters
KARAKTER
|
KETERANGAN
|
\0
|
Karakter ber-ASCII
nol (karakter null)
|
\a
|
Karakter bell
|
\b
|
Karakter
backspace
|
\f
|
Karakter
formfeed (ganti halaman)
|
\n
|
Karakter
newline (pindah baris)
|
\r
|
Karakter
carriage return (ke awal baris) tanpa linefeed
|
\t
|
Karakter
tab horizontal
|
\v
|
Karakter
tab vertikal
|
\\
|
Karakter
\
|
\’
|
Karakter
‘
|
\”
|
Karakter
“
|
\?
|
Karakter
?
|
\000
|
Karakter
yang nilai oktalnya adalah 3 digit oktal
|
\xhh
|
Karakter
yang nilai heksadesimalnya hh (dua digit heksadesimal)
|
Contoh :
#include
<iostream.h>
#include
<conio.h>
void main()
{
char kode;
clrscr;
cout <<
"\t*************************\n";
cout << "\tProgram : Cetak\n";
cout << "\tDibuat oleh : Yudi
Irawan\n";
cout << "\tTanggal :
04/04/2009\n";
cout <<
"\t*************************\n";
kode ='4';
cout << "Kode Anda : "
<< kode;
}
Hasil :
**************************
Program :Cetak
Dibuat oleh : Yudi Irawan
Tanggal : 04/04/2009
***************************
Kode Anda : 4
Variabel dan Konstanta Bertipe int
Variabel bertipe int
didefinisikan dengan bentuk : int
bilangan;. Sebuah konstanta bertipe int adalah bilangan bulat yang terletak
antara minus 32768 hingga plus 32767 dan
tidak mengandung titik desimal.
Contoh :
#include
<iostream.h>
#include
<conio.h>
void main()
{
int bilangan;
clrscr;
bilangan = 32763;
cout <<"Isi bilangan ="
<<bilangan;
bilangan = -44;
cout <<"\nIsi bilangan ="
<<bilangan;
}
Hasil :
Isi bilangan = 32763
Isi bilangan = -44
Variabel dan Konstanta Bertipe int
Apabila diinginkan,
untuk memproses bilangan bulat yang nilainya lebih besar daripada int, Anda
dapat menggunakan tipe long. Suatu variabel bertipe long didefinisikan dengan
cara :
long gaji;.
Pada contoh di atas,
gaji didefinisikan bertipe long. Dengan demikian variabel ini dapat menampung
nilai ratusan juta. Adapun konstanta bertipe long biasa ditulis dengan akhiran
L, misal : gaji = 2000000L;
Namun jika nilai
konstanta melebihi 65.535 dengan sendirinya akan diinterpretasikan sebagai tipe
long, sekalipun tanda L tidak diberikan.
Contoh :
#include
<iostream.h>
#include
<conio.h>
void main()
{
long tunjangan, gaji ;
clrscr;
tunjangan
= 1000000;
gaji = 2000000L;
cout <<"Tunjangan Rp. ="
<<tunjangan;
cout <<"\nGaji Rp. ="
<<gaji;
}
Hasil :
Tunjangan Rp. = 1000000
Gaji Rp. = 2000000
Variabel dan Konstanta Bertipe float, double dan long double
Seandainya diinginkan
untuk memproses bilangan yang mengandung nilai pecahan, Anda bisa menggunakan
tipe float, double atau long double. Ketiga tipe yang
berhubungan dengan bilangan pecahan ini mempunyai perbedaan dalam hal :
·
Kepresisian
data
·
Jangkauan
nilai yang dicakup
misalnya :
float panjang;
double phi;
long double total;
Bilangan 3,14159 biasa
disebut sebagai konstanta bilangan pecahan. Nilai bilangan pecahan juga dapat
dinyatakan dalam bentuk eksponensial, misal :
2756.3 dapat ditulis
menjadi 2.7563E+3 atau 2.7563e+3
sedangkan 0.0123
dapat ditulis 1.23E-2 atau 1.23e-2
Contoh :
#include
<iostream.h>
#include
<conio.h>
void main()
{
float a,b,c,d;
clrscr;
a = 2756.3;
b = 2.7563e+3;
c = 0.0123;
d = 1.23e-2;
cout <<"Bilangan a ="
<<a;
cout <<"\nBilangan b ="
<<b;
cout <<"\nBilangan c ="
<<c;
cout <<"\nBilangan d ="
<<d;
}
Hasil :
Bilangan a = 2756.3
Bilangan b = 2756.3
Bilangan c = 0.0123
Bilangan d = 0.0123
Adakalanya dalam
penulisan program, variabel langsung diberi nilai awal setelah didefinisikan,
misal :
int jumlah;
jumlah = 10;
Pernyataan di atas
sebenarnya dapat disingkat menjadi : int jumlah = 10;
Contoh :
#include
<iostream.h>
#include
<conio.h>
void main()
{
int alas=10;
float phi = 3.14;
float hasil = alas*phi;
clrscr;
cout <<"Alas = " <<alas;
cout <<"\nNilai phi = "
<<phi;
cout <<"\nHasil kali = "
<<hasil;
}
Hasil :
Alas = 10
Nilai phi = 3.14
Hasil kali = 31.4
PEMODIFIKASI TIPE UNSIGNED DAN SIGNED
Pemodifikasi tipe unsigned diterapkan pada data bertipe
bilangan bulat dan menyebabkan nilai yang terkandung didalamnya selalu bernilai
positif, sedangkan tipe signed merupakan default dari tipe data dasar, yang
menyatakan data bisa bernilai positif maupun negatif.
PEMODIFIKASI TIPE
|
PERSAMAAN
|
JANGKAUAN NILAI
|
signed char
|
Char
|
-128 s/d 127
|
signed
int
|
Int
|
-32.768 s/d 32.767
|
signed
short int
|
Short,
signed short
|
-32.768
s/d 32.767
|
signed
long int
|
Long,
long int, signed long
|
-2.147.483.648
s/d 2.147.483.687
|
unsigned
char
|
Tidak
ada
|
0
s/d 255
|
unsigned
int
|
Unsigned
|
0
s/d 65.535
|
unsigned
short
|
Unsigned
short
|
0
s/d 65.535
|
unsigned
long int
|
Unsigned
long
|
0
s/d 4.294.967.295
|
Contoh :
#include
<iostream.h>
#include
<conio.h>
void main()
{
int x;
clrscr;
unsigned int y;
x=1;
cout <<"Nilai x = " <<x;
y=-1;
cout <<"\nNilai y = "
<<y;
}
Hasil :
Nilai x = 1
Nilai y = 65535
Tampak bahwa
sekalipun nilai yang diberikan ke x dan y sama-sama bernilai -1 tetapi yang
tersimpan pada kedua variabel berbeda, karena y didefinisikan sebgai unsigned
yang hanya menampung bilangan positif.
KONSTANTA OKTAL DAN HEKSADESIMAL
Selain dalam bentuk
desimal (basis 10), konstanta bilangan bulat dapat disajikan dalam bentuk
sistem oktal (basis 8) ataupun sistem heksadesimal (basis16).
Contoh :
#include
<iostream.h>
#include <conio.h>
void main()
{
int x,y;
clrscr;
x=010; // bilangan oktal
y=0x10; // bilangan heksadesimal
cout <<"Nilai 10 oktal = "
<<x <<" desimal";;
cout <<"\nNIlai 10 heksadesimal =
" <<y <<" desimal";
}
Hasil :
Nilai 10 Oktal = desimal
Nilai 10 Heksadesimal = 16 desimal
KONSTANTA STRING
Konstanta string
merupakan deretan karakter yang diawali dan diakhiri dengan tanda petik ganda
(“), misal : “Selamat Belajat C++”. Konstanta ini berbeda dengan kontanta
karakter (yang diawali dengan tanda petik tunggal), misal : “A” tidak sama
dengan ‘A’.
Contoh :
#include
<iostream.h>
#include
<conio.h>
void main()
{
clrscr;
cout <<"\"Wingardium
Leviosa..\", kata Harry Potter\n";
}
Hasil :
Wingardium Leviosa . .", kata Harry Potter
KONSTANTA BERNAMA
C++ memungkinkan
pendefinisian suatu konstanta bernama. Hal ini dilakukan dengan menggunakan
kata kunci conts. Bentuk penulisan : const tipe_data nama_konstanta = nilai;
misal : const float
PHI = 3.141592;
Berbeda dengan
variabel, suatu konstanta bernama tidak dapat diubah setelah didefinisikan.
Menurut tradisi konstanta bernama ditulis dengan huruf kapital. Pada
pendefinisian kontanta bernama yang bertipe int,
kata kunci int boleh tidak ditulis,
misal : const int MAX
= 20; dapat ditulis conts MAX = 20;
Contoh :
#include
<iostream.h>
#include
<conio.h>
void main()
{
const float PHI = 3.141592;
float a=2*PHI;
clrscr;
cout <<"Nilai 2 PHI = "
<<a;
}
Hasil :
Nilai 2 PHI = 6.28318
TUGAS
1.
Buat
program untuk menampilkan tulisan sebagai berikut :
“Anda diundang rapat
hari Jum’at / pukul 14.00 WIB”
2.
Buat
program untuk mencari luas segitiga jika diketahui alas=10 dan tinggi=20
Buat program dengan konstanta untuk mencari luas dan
keliling lingkaran jika diketahui jari-jari lingkaran=100
Categories: